Translate Halaman Web dengan Operamini



Kali ini saya mau berbagi tips sederhana bagaimana cara translate halaman web via opera mini. Mungkin suatu waktu sobat membuka sebuah halaman web di operamini berbahasa Inggris, rusia atau bahasa negara lain yang tidak dimengerti dan ingin menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sedangkan dalam menu web tidak disediakan widget translate seperti google translate.

WARNING! untuk yang belum tahu saja berikut caranya ketik url berikut dikotak url opmin:

http://translate.google.com/translate?sl=auto&tl=en&u=http://cahmars-redzone.blogspot.com/

atau translate.google.com/translate?sl=auto&tl=en&u=http://cahmars-redzone.blogspot.com/

Akses url tersebut lalu simpan sebagai penanda (bookmarks). Ketika mau mentranslate sebuah halaman web akses url tersebut dengan membuka bookmarks/penanda.

Lihat kotak urlnya bagian huruf yang tercetak tebal seperti diatas "en" ini adalah kode untuk bahasa inggris, untuk menerjemahkan ke bahasa Indonesia ganti dengan kode "in" (tanpa tanda kutip).

Selanjutnya ganti tulisan url http://cahmars-redzone.blogspot.com/ pada url tersebut ganti dengan link url yang halaman webnya ingin diterjemahkan misalnya http://www.liverpoolfc.tv/ (biar lebih cepat gunakan trik copy paste).

Kombinasinya akan nampak seperti ini:

http://translate.google.com/translate?sl=auto&tl=in&u=http://www.liverpoolfc.tv/

Setelah selesai tinggal tekan go atau kunjungi. Sudah lama saya menggunakan trik ini saat browsing lewat opera mini biar dapat lebih banyak informasi dari dunia maya.

Cara ini sebenarnya tentu juga bisa dilakukan lewat browser di PC. Semoga bermanfaat.


Recent Post

 
The Diary of Science © 2011 | Design Template by science generation | Template Blogger Name | science generation | science Transparent 2.0